02 May 2011

Gelaran Napak Tilas Jenderal Soedirman

PURWOKERTO - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto akan menggelar Napak Tilas Jejak Pejuang Panglima Besar (Pangsar) Jendral Soedirman selama 3 hari mulai 24 - 26 Juni 2011 besok. Kegiatan ini untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan mahasiswa pentingnya memelihara nilai-nilai perjuangan para pahlawan sekaligus sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat Banyumas yang telah berperan dalam pendirian Universitas Jenderal Soedirman.

Napak Tilas Jejak Pejuang ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak pejuang Pangsar Soedriman saat pra kemerdekaan di wilayah Banyumas Raya. Acara tersebut menempuh jarak lebih dari 100 Km seperti saat Jendral Soedirman bergerilya untuk memerangi penjajah.

Ketua Panitia, Satrijo Widi Purboyo, mengatakan, kegiatan Napak Tilas Jejak Pejuang untuk mengingatkan kembali para generasi muda dan masyarakat khususnya mahasiswa agar menghargai semangat para pejuang dalam membela bangsa demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Peserta adalah kaum muda, atau mahasiswa perwakilan perguruan tinggi se Jawa.

Kata Satrio Widi Purboyo, meski pelaksanaan masih lama, tetapi pendaftaran sudah dibuka sejak Rabu (9/2). Melalui kegiatan Napak Tilas Jejak Pejuang Jendral Soedirman yang juga putra Banyumas Raya, katanya, nantinya diharapkan akan terpupuk perasaan kebangsaan bagi peserta napak tilas. "Diharapkan peserta juga nantinya akan tumbuh rasa penghormatan yang tinggi terhadap pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang membangun dan mempertahankan NKRI sampai titik darah yang penghabisan," katanya.

Napak Tilas Jejak Pejuang Pangsar Soedriman di wilayah Banyumas Raya mengambil route, hari pertama, peserta berkumpul di kampus UNSOED untuk mengikuti Upacara Pembukaan dan Kuliah Umum, setelah selesai kemudian peserta diangkut ke Base Camp I di Desa Bodas Karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, hari kedua start dari Desa Bodas (Base Camp I) menuju Desa Metenggeng, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga (Base Camp II). Hari ketiga start dari Desa Metenggeng (Base Camp II) menuju Kampus Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan.

Target peserta kegiatan Napak Tilas Jejak Pejuang diikuti 500 orang yang terdiri dari beberapa komponen seperti : Mahasiswa/mahasiswi 30 Perguruan Tinggi se Jawa (setiap PT diharapkan mengirimkan 5 orang mahasiswa dan 5 orang mahasiswi) ; Taruna/Taruni Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut dan Akademi Polisi (setiap Akademi diharapkan mengirimkan 10 orang Taruna/Taruni). Khusus untuk peserta mahasiwa Unsoed, setiap fakultas diharapkan mengirimkan 10 orang mahasiswa/mahasiswi. Sedangkan UKM diharapkan mengirimkan 5 orang anggotanya sebagai partisipan.


7 comments:

Menwa 902 said...

semangat.. semoga sukses...
satuan menwa diikutkan juga pastinya...

Anonymous said...

undangan disebaar segeraaa....

Adel Jopong said...

Thanks for your post really helped me awaited other stuff ..



ST3 Telkom

zelvia dwi said...

Thanks you for share and interesting ..


ST3 Telkom

Oktisa Rahmawati Choerun Nisa said...

I Like your Article, Thank you

ST3 Telkom

Vonie Cornelia said...

Artikel ini sangat menarik. Terimakasih telah berbagi informasi. Informasi ini sangat membantu

ST3 Telkom

dina lestari said...


terimakasih atas informasinya..


ST3 Telkom