11 April 2012

DIKSAR YUDHA XXXV MENWA SATUAN 904/KALAYUDHA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN


Pendidikan dasar Resimen Mahasiswa (DIKSAR MENWA) adalah salah satu jenjang pendidikan dasar atau yang pertama bagi anggota MENWA di Seluruh Indonesia termasuk di MENWA Satuan 904/Kalayudha UNSOED.  Pada tahun anggaran ini Resimen Mahasiwa Satuan 904/Kalayudha mengirim 9 orang anggota untuk mengikuti DIKSAR di SKOMEN Mahawarman Jawa  Barat yang bertempat di LANUD TNI AU Sulaiman Bandung. Kegiatan tersebut dimulai pada hari Selasa tanggal 20 Maret 2012 dan berakhir pada hari Rabu tanggal 4 April 2012, kegiatan berlangsung selama 15 hari. Diksar ini merupakan Gelombang ke 2 yang diadakan SKOMEN mahawarman Jawa Barat dan diikuti 89 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada Di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Pendidikan tersebut dilaksanakan di Skuadron Pendidikan (Skadik 204) TNI Angkatan Udara Sulaiman dan para peserta (siswa) Diksar dilatih oleh anggota Paskas TNI AU. Selama pendidikan peserta Diksar mendapat materi  ruangan dan lapangan. Ada banyak materi-materi yang diberikan kepada para peserta Diksar diantaranya Permildas, survival, Niksapur, SAR, Ilmu medan peta dan Kompas (IMPK), senam senjata, Teknik Tempur Anti Geriliya (TTAG) dan materi lainnya.
Pendidikan dasar hanya 6 hari di lingkungan Lanud TNI AU Sulaiman, selebihnya para peserta melakukan long march menuju Gunung Puntang. Selama perjalanan dan di Gunung Puntang, para peserta melalukan praktek lapangan dari materi yang didapat selama di Lanud TNI AU Sulaiman. Setelah 7 hari melakukan pratek lapangan di Gunung Puntang, para peserta Diksar kembali ke Lanud Sulaiman. Dalam perjalanan pulang para peserta melaksanakan baksos sebagai sarana pengabdian masyarakat di Desa Pasir Urip, Bandung dengan melakukan kerja bakti dilingkungan masyarakat sekitar.
Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan ruangan dan lapangan, pada hari Rabu tanggal 4 April 2012 kegiatan diakhiri dengan upara penutupan di lapangan SKADIK 204 TNI AU dengan inspektur upacara Komandan Menwa (DanMen) Mahawarman. Pada upacara tersebut juga dilakukan demo bongkar pasang senjata dan 2 orang perwakilan dari Menwa UNSOED berkesempatan tampil yaitu Yudi Deni F(FST 2010) dan Yulia (FISIP 2011). Diakhir kegiatan dilakukan pembaretan siswa oleh perwakilan orang tua. Siswa dikembalikan. Dari Skuadron Pendidikan (Skadik 204) TNI AU ke Skomen Mahawarman untuk kembali ke Universitas masing-masing.

3 comments:

Desi Galur said...

It's an unforgetable memmories in Mahawarman...
we (yudha 35) used to bring the best name of Menwa Sat.904/Kalayudha Universitas Jenderal Soedirman at there..

Widya Castrena Dharma Shida
Semangat!!

Menwa Kalayudha said...

siap!! maju terus, pantang mundur, pantang menyerah!!

Samsul Arifin said...

Menwa sebagai salah satu UKM Unsoed tentunya sangat berperan dalam pembentukan karakter mahasiswa. Selain membentuk mahasiswa yang Militan, alangkah baiknya didahului dengan pendidikan karakter dasar sebagai makhluk sosial. Karena Menwa juga tidak berarti apa-apa jika tidak memiliki dedikasi dihadapan lingkungan sekitar. Contoh kecil etika berbicara dan tatacara bertamu.
Sebagai mahasiswa yang Militan, tentunya dapat berbesar hati untuk menerima kritikan.
Maturnuwun...